Rabu, 28 Maret 2012

Tambu Hidup Di Pasung

Tambu (55), warga Dusun Songi, Polewali Mandar, Sulawesi Barat sejak bertahun tahun lalu harus hidup di dalam pasungan. Pihak keluarga meyakini, kelainan yang diderita Tambu merupakan kutukan mahluk gaib dan bukan penyakit yang bisa disembuhkan. Keyakinan ini yang menyulitkan petugas kesehatan untuk memberikan pengertian kepada keluarga Tambu, bahwa sakit yang diderita oleh lelaki itu adalah penyakit kejiwaan.

Dulu, saat belum dipasung, Tambu kerap mengamuk dan menyerang warga lain. Kepala bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Polewali Mandar, Andi Suaib Nawawi, Kamis (29/3/2012), menyebutkan pola hidup masyarakat dan keluarga Tambu yang masih mempercayai hal mistik menjadi alasan penolakan mereka untuk membebaskan Tambu dari pasungan.

Menurut Andi Suaib, kelainan jiwa yang diderita Tambu bisa disembuhkan melalui tindakan medis di rumah sakit jiwa, seperti yang sudah dibuktikan puluhan penderita lain yang sempat ditangani dinas kesehatan. "Sudah puluhan orang gila yang sempat ditangani, kini dikembalikan ke tengah keluarganya dalam keadaan normal," ujar Andi Suaib.

0 komentar: